Pantai Klayar Pacitan

Budi Sanjaya 3:03:00 PM
Pantai Klayar Pacitan tentu masih asing di telinga anda. Ini karena memang pantai ini belum dikelola menjadi tempat wisata. Pemerintah setempat masih membiarkan pantai ini alami meski menyimpan banyak potensi wisata dan bisa dikelola dengan baik. Seperti halnya Pantai-pantai yang ada di Indonesia yang belum cukup luas oleh wisatawan domestik dan manca menjadikan Pantai Klayar ini terkenal melalui dunia maya atau jaringan internet dan mulut kemulut.

Sekilas Pantai Klayar Pacitan
Pantai Klayar terletak di Pacitan, sebuah kabupaten di sisi selatan Jawa Timur dan berbatasan dengan Wonogiri di Jawa Tengah. Tepatnya berada di desa Kalak, kecamatan Donorojo, Kabupaten Pacitan. Jaraknya sekitar 40 km ke arah barat dari kota Pacitan. Pantai ini masih segaris dengan Pantai Teleng Ria yang sudah dikelola sebagai tempat wisata.
gambar objek wisata pacitan pantai klayar

Sebagai bagian dari pantai selatan, Pantai Klayar menyimpan banyak keindahan yang unik dan meyimpan misteri. Keindahan yang ada diantaranya pasir putih, karang raksasa mirip Sphinx di Mesir, Seruling Laut, Air Mancur alami, Air terjun, dan batu karang indah. Dan ternyata, lebih banyak turis asing yang mengenal Pantai Klayar dibanding wisatawan domestik. Ini mengingat masih minimnya pemberitaan dimedia offline. Dan wisatawan mancanegara itu tentu tahunya dari internet. Meski hanya memiliki garis pantai yang tidak panjang, Pantai Klayar begitu mempesona. Garis Pantinya kira-kira seperti Pantai Ancol di Jakarta.
Akses ke Pantai Klayar
gambar pantai klayar pacitan jawa timur

Sebagai pantai yang belum ramai dikunjungi apalagi dikelola resmi, akses menuju pantai ini boleh dibilang misterius seperti mencari harta karun. Dari Yogyakarta, bisa ditempuh selama 5 jam perjalanan melalui jalan yang menuju akses kota Pacitan. Dan dari Pacitan kota bisa ditempuh dengan sepeda motor selama 3 jam perjalanan. Pantai Klayar merupakan sebuah teluk kecil yang kanan kirinya dibatasi oleh tebing-tebing karang, mirip seperti Sphinx di Mesir.

Rute Akses Pantai Klayar
Dari Arah Jogyakarta - Kota Wonosari - Kota Pracimantoro - Desa Cemeng (masuk wilayah pacitan) - Desa Gendaran - Desa Sukodono ----- Desa Kalak (tempat dimana pantai klayar berada)

Dari Arah Solo - Kota Wonogiri - Masuk wilayah pacitan Desa Donorojo - Desa Sukodono ----- Desa Kalak (tempat dimana pantai klayar berada)

Keunikan yang ada di Pantai Klayar

gambar air mancur pantai klayar
Di ujung timur Anda akan disapa oleh sebuah laguna yang jelita. Diapit dua gugusan batu karang, laguna ini terlihat indah dengan gulungan ombak jernih yang menghantam dinding karang dan kemudian memecah dan berputar di hamparan pasir putih. Laguna kecil ini memang mempesona dan membuat betah berlama-lama duduk santai memandangnya. Ombak berkali-kali menghempas batu karang dengan kuatnya dan menimbulkan efek air terjun di dindingnya dengan buih-buih putih yang cantik.
gambar air terjun pantai klayar

Lagi-lagi sebuah fenomena alam luar biasa. Ada sebuah celah di batu karang ini. Ketika ombak datang dengan cukup deras, sebagian airnya masuk ke bawah batu dan menyembur ke atas seolah sebuah air mancur raksasa yang bisa mencapai ketinggian hingga 10 meter. Air mancur ini juga disertai dengan suara mirip siulan sehingga sering disebut sebagai seruling laut Pacitan.

Share this

Related Posts

First

4 komentar

komentar
April 22, 2014 at 11:05 PM delete

indah sekali ya mas pantai klayar pacitan, rasanya ingin kesana saya kalau lihat gambarnya aja (f)

makasih telah berbagi, ditunggu posting barunya ya x-)

Reply
avatar
April 23, 2014 at 7:58 AM delete

sama sama mbak indri. terimakasih mbak telah berkunjung.. sbenarnya msh bnyak lagi mbak pantai pantai yang lain....

Reply
avatar
October 26, 2016 at 8:36 AM delete

Gan, boleh nyomot salah satu dari gambar wisata pacitan gak ?? untuk keperluan kalender dan memperkenalkan wisata di pacitan. Sumber akan kami tampilkan.

Reply
avatar
October 26, 2016 at 8:49 AM delete

Silahkan saja gan, tidak apa2. semoga berguna. dan terimakasih telah berkunjung

Reply
avatar