Wisata Alam Pemandian Banyu Anget Pacitan

Budi Sanjaya 2:11:00 PM
Wisata Alam Pemandian Banyu Anget - Kota yang terkenal dengan makanan jenangnya yang nikmat. Yaitu Kota Pacitan Tidak hanya punya Goa Gong, Kabupaten berjuluk kota 1001 Goa ini juga menawarkan sejumlah pantai eksotik, seperti Teleng Ria dan Klayar. Selain itu, ada pula pemandian alam, yaitu banyu anget Tirto Husodoyang menyegarkan. Tempat-tempat wisata di kawasan ini memiliki ceritanya masing-masing seperti halnya Goa Gong yang memiliki sejarah tersendiri.

Pemandian Banyu Anget Pacitan

Anda pasti pernah melewati daerah ini jika anda menuju pacitan dari arah Ponorogo. Pemandian itu terletak di Desa Karangrejo, Kecamatan Arjosari, Kabupaten Pacitan, Jawa Timur. Jaraknya sekitar 15 km arah utara kota Pacitan. Untuk mencapai pemandian Banyu Anget tidaklah sulit. Anda bisa memanfaatkan tiga jalur utama yang menuju dan dari kota Pacitan Pertama jalur Solo-Wonogiri-Pacitan. Kedua jalur Ponorogo-Pacitan. Jarak Solo Pacitan sekitar 117 km, Ponorogo-Pacitan 60 km.
Pemandian Tirto Husodo Pacitan

Bila mengendarai kendaraan pribadi, dari arah Ponorogo menuju kota Pacitan, 50 meter sebelah pasar Arjosari, belokkan kendaraan ke arah kiri. Jalan sepanjang 3 km ke arah utara harus Anda tempuh.Jangan merasa bosan untuk sampai di gerbang pemandian. Sebab selepas belok kiri dari pasar Arjosari, Anda disuguhi pemandangan alam pedesaan berupa sungai-sungai kecil dengan air jernih, persawahan dengan burung-burung lincah memakan padi. Nice capture yang benar-benar memanjakan mata kita untuk betah berlama-lama melintasi kawasan tersebut.

Baca : Objek Wisata Alam Goa Gong Pacitan

Selain rangkaian pemandangan itu, Anda juga bisa menyaksikan dari kejauhan bukit-bukit kapur khas Pacitan. Suasana ini tentunya sudah memberi nilai tambah bagi kesegaran rohani Anda.Pemandian Banyu Anget bawah lereng bukit batu putih sejarah singkat terjadinya sumber air hangat di tirta husada ketika  Dalang yang memainkan wayang  tidak sengaja mengenai dimar dan akhirnya tumpahlah tetesan tersebut menjadi sumber air yang hangat. sekarang masyarakat sekitar meyakini mitos tersebut.airnya yang melimpahdan sumber air di lereng tersebut tidak pernah habis walaupun di kemarau panjang.

Sejak tahun 1981 lereng bukit batu yang tandus digarap secara serius dengan aneka tumbuhandan sejak itu juga Pemandian air hangat sudah di kelola menjadi tempat wisata oleh pemerintah Upaya tersebut menghasilkan lereng bukit yang menghijau, sehingga tidak ada kekhawatiran bahwa lokasi ini akan terkena musibah bukit longsor. Sekitar kawasanpun sudah ditata sedemikian rupa, sehingga semakin menambah keindahannya.

Keunggulan Banyu Anget Tirto Husodo, selain panorama alam yang menawan dan mudah dijangkau dengan transportasi darat, air hangatnya berkhasiat untuk kesehatan. Air hangat di pemandian ini, diyakini bisa menyembuhkan berbagai penyakit kulit.Air di pemandian ini mengandung zat kapur dan belerang dengan intensitas rendah. Itu sebabnya Anda tidak merasakan aroma belerang dilokasi ini. Kelebihan lain, airnya jernih dan tidak terasa lengket di badan.Manfaat berendam di air hangat yang bersuhu sekitar 40°C derajat Celcius akan membuat pori-pori terbuka shingga kulit mampu menyerap berbagai mineral penting.Pembuluh darah akan melebar sehingga sirkulasi darah dan oksigenasi jaringan tubuh akan meningkat.Kekakuan otot akan berkurang sehingga pegal dan rasa penat akan terurai.Dapat mengatasi berbagai penyakit kulit ringan.Kaki yang direndam air hangat dapat membantu menyembuhkan selesma.

Namun ingat, meskipun memberikan banyak manfaat, berendam air panas belerang cukup dilakukan beberapa bulan sekali. Jika Anda terlalu sering melakukannya, justru kulit kering dan bermasalah yang akan didapatkan. Hal tersebut dikarenakan tingkat keasaman belerang yang cukup tinggi,dan ada juga larangan ketika berendam di air hangat tirta husada yaitu tidak boleh memakai shampo,bagi yang mempunyai penyakit gatal dilarang masuk kekolam karena ada tempat tersendiri bagi yang mempunyai penyakit gatal.
Tiket masuk ke wisata ini cukup murah. Hanya Rp 4000 untuk orang dewasa dan Rp 3.000 bagi anak-anak. Banyu Anget dilengkapi dengangan 2 kolam renang air panas dewasa, 1 kolam renang air hangat anak-anak air hangat dengan suhu sekitar 40 derajat celcius, Ingin lebih lama menikmati panorama Pemandian Banyu Anget, tersedia dua villa yang disewakan untuk bermalam. Tarifnya Rp 50 ribu per kamar.

Baca : Lokasi Penginapan di Lokasi Wisata Kota Pacitan

Jika kita ingin menggunakan fasilitas spa kita harus merogoh uang Rp 10 ribu per orang. Di kolam seluas 3 X 3 meter dan terdapat 10 kamar mandi air panas.tetapi fasilitas spa hanya di bisa di gunakan untuk kaum wanita.para pengunjung wanita bisa memanjakan tubuh untuk menikmati spa alami.jika anda berkunjung di pemandian air hangat tidak ada salahnya jika anda mencoba fasilitas baru dari pemandian tirta husada.
 Ada banyak sekali manfaat spa untuk kaum wanita antara lain Manfaat spa antara lain menghaluskan, mengencangkan, memutihkan dan memberi nutrisi pada kulit, mengendurkan ketegangan otot, detoksifikasi tubuh untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh, menghilangkan kecemasan, kemarahan dan depresi, mencegah alergi, tanda-tanda diabetes.Selanjutnya migrain dan asma, menurunkan tekanan darah tinggi dan hipertensi, mengurangi insomnia, stres dan kelelahan, mengembalikan keseimbangan alami tubuh, mencapai kebahagiaan, percaya diri dan kreativitas serta memperlambat proses penuaan.

Banyu Anget dilengkapi , 2 kolam renang air panas dewasa dengan ukuran kolam, 1 kolam renang air hangat anak-anak, , dan 2 buah villa dengan fasilitas air panas dan air dingin. Menurutnya air dingin tersebut khasiatnya sama dengan air panas.Himbauan jika hendak mandi dikolam air panas, hendaknya perut jangan dalam keadaan kosong, sebab perut kosong akan menyebabkan pengunjung mengalami mual-mual, bahkan pingsan. Namun pengunjung yang pingsang sesudah siuman akan terlihat lebih segar.

Baca : Wisata Pantai Banyu Tibo Pacitan

Di pemandian ini terdapat satu kolam yang tidak boleh digunakan untuk berendam dan berenang yaitu kolam induk karena suhunya yang mencapai 53°C-60°C dapat melepuhkan kulit.air yang di kolam induk  di dapatkan langsung dari sumber air di gunung kelir.air yang ada kolam induk berfungsi sebagai pengatur suhu diantara ketiga kolam pemandian tersebut.untuk keamanan agar para pengunjung tidak masuk kedalam kolam tersebut, di sekitar kolam telah di pasang pagar besi,dan para pengunjung hanya dapat melihat dari atas.

Di kolam induk kita dapat melihat begitu panasnya air yang mendidih.para pengunjung tidak jarang melempar koin ke dalam kolam induk,mereka beranggapan jika melempar koin ke dalam kolam akan mendapatkan Hoki dan harapan mereka akan terkabul.Tetapi sekarang sudah tidak banyak yang mempercayai mitos tersebut karena sudah menyesatkan dari ajaran agama.pengurus tempat wisata ini pun seringkali kesulitan untuk membersihkan kolam induk dari koin-koin yang ada di kolam tersebut.Himbauan agar pengunjung tidak lagi mempercayai mitos tersebut karena hanya kepada Sang Pencipta kita berharap dan berdoa.

Pengunjung di pemandian tirta husada tidak hanya datang dari dalam kota,dari luar kotapun tidak jarang seperti,Surabaya,Malang,Solo,Yogyakarta,dan kota sekitar.Pemandian ini di buka setiap hari kecuali hari Besar ,mulai Pukul 08.00 WIB sampai.19.00 WIB.Memang di setiap  hari tempat wisata ini pasti di buka, tetapi jika di hari Sabtu dan Minggu tempat wisata ini selalu ramai di kunjungi oleh wisatawan,baik dalam kota maupun luar kota.

Pemandian air hangat tirta husada juga sudah di renovasi sejak 15 Oktober 2013 dan sampai sekarang masih banyak fasilitas yang di perbaharui dan juga ditambah meliputi tempat parkir area yang di perluas,dan toilet umum yang di tambah,anak tangga menuju kekolam renang di perbaiki,dan mushola yang di perbaiki dan kini setiap seminggu sekali air di dalam kolam pasti di kuras dan di bersihkan,tidak seperti dahulu yang hanya di kuras jika airnya sudah berbau dan kotor.

Di setiap tempat wisata juga pasti terdapat pedagang begitu juga di tempat pemandian air hangat Tirta Husada dahulu hanya ada beberapa pedagang saja yang berjualan di tempat tersebut.sejak pemandian air hangat di renovasi dan menjadi tempat wisata yang banyak di kunjungi,banyak pedagang yang mulai tertarik dan memulai membuka lapak dagangannya di Pemandian Tirta Husada.

Ada banyak pedagang yang berjualan seperti,pedagang minuman dan makanan siap saji yang mudah dijangkau karena tempatnya hanya 10 meter dari kolam renang.dan jika anda lupa membawa pakaian renang tidak usaha khawatir karena di sebelah kanan dan kiri tanjakan anak tangga  sudah ada pedagang yang menjual celana maupun baju renang,anda juga bisa membeli buah tangan ada beberapa pedagang yang menjual makanan khas pacitan.

Jika anda pecinta batu akik disini tempat yang pas dan cocok untuk membeli batu akik karena ada banyak jenis batu akik seperti safir,king safir,zambrud,ruby,safir birma,nilam,fosil kayu,badar besi dan masih banyak lagi, harganya pun cukup bersahabat mulai dari 15 ribu hingga jutaan rupiah,tidak hanya batu akik yang di jual oleh para pedagang pernak pernik lainya pun ada seperti kalung,gelang ,jam tangan dan masih banyak aksesoris lainnya yang di jual.

Itu tadi tentang  penjelasan di pemandian air hangat tirta husada di Pacitan mungkin masih banyak lagi hal-hal yang lebih menarik lagi di kota Pacitan.Dan jika berkunjung ke kota Pacitan tidak lengkap rasanya jika tidak berkunjung di pemandian air hangat tirta husada  setelah perjalanan panjang pasti anda akan di segarkan oleh air yang hangat dan sejuknya suasana di tempat tersebut.

Sumber gambar : pacitanparadise99.blogspot.co.id

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »