Wisata Pantai Watu Karung Pacitan

Budi Sanjaya 4:34:00 PM
Wisata Pantai Watu Karung - Kota Pacitan, Jawa Timur terkenal dengan sebutan Kota 1001 Goa, dengan kondisi geografis yang terkepung deretan pegunungan dan memiliki deretan pantai di laut selatan yang layak di kunjungi. Deretan pantai-pantai di Pacitan tersebut adalah Pantai Klayar, Pantai Srau, Pantai Teleng Ria , dan ada satu pantai yang jarang diketahui masyarakat umum, yaitu Pantai Watukarung. Keindahan pantai ini tidak kalah dengan pantai-pantai lain di Pacitan.

Wisata Pantai Watu Karung Pacitan

Hampir sama seperti pantai-pantai cantik yang berderet di selatan Kota Yogyakarta , lebih tepatnya di daerah Gunung Kidul. Kota Pacitan juga memiliki deretan pantai-pantai indah di sepanjang laut selatan, salah satunya Pantai Watukarung yang terletak di Desa Watu Karung Kecamatan Pringkuku Kabupaten Pacitan. Dari pusat kota Pacitan menuju ke lokasi pantai watukarung sekitar 40 km atau hampir sejam lebih perjalanan, akses untuk menuju ke pantai ini bisa menggunakan motor atau mobil pribadi karena tidak ada angkutan umum yang melalui jalur ini. Sepanjang perjalanan ke pantai ini, kita akan melewati jalan dengan naik turun gunung atau perbukitan dengan jalan yang masih sangat sempit.

Baca Wisata Pantai Srau Pacitan

Di beberapa lokasi, ada beberapa petunjuk yang mengarahkan kita menuju pantai watukarung ini. Meskipun sudah mengikuti petunjuk arahnya tapi rasanya sulit menemukan pantai ini karena letak pantainya yang di tengah pemukiman warga. Akhirnya sampai juga kendaraan yang kita tumpangi di Desa Watu Karung, dengan bertanya ke beberapa warga setempat, akhirnya pantai ini berhasil aku temukan, warga setempat menyebut pantai ini dengan nama pantai pasir putih atau pantai watukarung.
Wisata Pantai Watu Karung Pacitan Jawa Timur

Pantai Watu karung di Pacitan ini terletak di tengah pemukiman warga. Untuk ke pantai ini, tidak ada biaya masuk sama sekali atau gratis, kendaraan yang kita pakai bisa dititipkan disalah satu rumah warga di sekitar pantai. Hanya berjalan beberapa meter dari rumah warga, kita sudah bisa melihat hamparan pasir putih yang sangat halus dengan bentangan laut yang berwarna biru, dan suasana pantai yang masih sangat sepi, itulah Pantai Watukarung.

Baca Wisata Pantai Banyu Tibo Pacitan Jawa Timur

Ternyata pantai watukarung ini dikenal oleh para wisatawan asing sebagai tempat terbaik untuk surfing atau berselancar, karena ombak di pantai ini tergolong besar dan menantang para peselancar untuk menaklukan ombaknya. Tidak jauh dari lokasi pantai juga berdiri tempat pelelangan ikan tempat para nelayan mengumpulkan dan menjual hasil tangkapan lautnya.

Bagi penggemar wisata pantai yang menginginkan pantai yang masih sepi, belum banyak pengunjung dan suasana pantai yang tidak terlalu ramai, Pantai Watukarung di Pacitan adalah pilihannya.

Share this

Related Posts

Previous
Next Post »